Saturday, October 30, 2010

Nasi Lemak

Bismillah...

hari ini menunya adalah ''Nasi Lemak'' itulah penduduk singapura mengatakannya, kalau di tanya asal muasal dari mana sejarahnya Nasi Lemak, afwan jiddan ana belum tahu. semoga sajian sederhana ini bisa bermanfaat bagi yang sudah tahu Nasi Lemak, bagi yang belum tahu...bismillah..masak...yukkk ... !!!



BAHAN :

4-5 cup beras cuci bersih
500 gram santan kental
1 1/2 - 2 cup air
12 daun pandan (cuci bersih)
6 cm lengkuas potong jadi dua, lalu di gepyak(memarkan)
3-4 sendok teh garam

12 sayap ayam bubuhi (marinade) dengan garam,bawang merah,bawang putih yang sudah di haluskan, di tambahkan jus kunyit(atau kunyit bubuk)
1 biji mentimu sedang iris tipis
1 mangkok sedang ikan bilis(anchovy)
1 mangkok sedang kacang tanah
6 biji telur ayam di goreng(omelet)

UNTUK SAMBAL

20 cabe besar yang kering

5-7 cabe rawit (chilli padi )

7 butir bawang merah

4 siung bawang putih

4 irisan laos (di iris tipis)

200 ml jus asam jawa

2 butir kecil gula jawa (picture)

garam secukupnya

CARA MEMASAK
1. berdzikir dulu dengan mengucapkan bismillah..
2. masukkan nasi kedalam rice cooker pot, tambahkan santan dan campurkan air, aduk hingga rata, masukkan garam aduk2 hingga garamnya larut, kalau kurang asin boleh di tambah mengikuti citra rasa keluarga, lalu masukkan laos yg sudah di memarkan tadi aduk dan yang terakhir masukkan daun pandan(harus di ikat dulu dengan helai daun pandan lainnya).
3. masukkan pot nya tadi ke dalam rice cooker, pencet button cook sampai matang, setelah matang jangan langsung di matikan dulu rice cookernya, aduk nasi itu hingga sebati, dan biasanya ada nasi yang agak mengeras, tidak usah panik, tetap aduk agar nasi tidak mengumpal jadi satu (punel ). setelah selesai mengaduk, tutup kembali rice cookernya biarkan dan keep warm, kira-kira sampai nasi menjadi lembut.

4 . untuk lauknya, biasa...ayam di bubuhi dengan ( kunyit, bawang putih, garam, di haluskan) , tambahkan sedikit tepung beras dan air lalu di goreng sampai matang.
Goreng ikan bilisnya dan juga kacang tanah.

5. masukkan ke blender :

cabe kering, cabe rawit, bawang merah dan bawang putih. blend hingga halus. lalu di tumis hingga agak kering, lalu masukkan garamnya..aduk-aduk dan masukkan irisan laos, dan tumis lagi hingga agak kering lalu masukkan sedikit demi sedikit jus asam jawa..setelah itu masukkan gula jawa, aduk dan masak hingga matang dan bau naik, jangan terlalu kering.

selamat mencoba semoga bermanfaat.
Ahamdulillah
done by: dapurmawaddah.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment